Skip to main content

Petunjuk Dasar Clean Up Dalam Animasi

Petunjuk Dasar Clean Up Dalam Animasi

Menggambar animasi memang perlu meluangkan waktu tersendiri. Pertama kita dapat mencoba pada lembar kertas untuk menggambar konstruksi dasar karakter (lihat ilustrasi). Hal ini akan membantu kita untuk membiasakan menggambar sesuai dengan proporsi karakter. Belajar menggambar animasi karakter dapat dimulai dengan menggambar bentuk benda. Perhatian khusus sebaiknya diarahkan pada ujung-ujung garis, karena hal tersebut akan menentukan bentuk keseluruhan dari obyek atau karakter yang kita gambar. (Menggambar lebih mengarah pada menghubungkan garis-garis menjadi bentuk-bentuk dan benda padat, serta selalu mengatur perasaan saat kita menggambar). Berikut ini Petunjuk Sederhana yang dapat kita gunakan dalam Cara Menggambar Animasi : 
1. Hindari gambar parallel dan gambar kembar. Layout kembar dapat menciptakan kesan kaku dan gambar tampak datar. 
2. Hindari garis yang bersinggungan -> ini akan mempengaruhi mata sehingga melihat bentuk yang tidak diinginkan. Garis yang bersinggungan juga dapat menyebabkan efek bentuk individu yang berbaur menjadi satu dengan yang lain. 
3. Menciptakan siluet (bayangan) yang kuat, jika ingin gambar masih dapat dilihat pada kegelapan (obyek berada pada ruang yang gelap). 
4. Hindari ambiguitas – yang “agak-agak” atau “mungkin” yang membuat daerah samar dan tidak pasti. Membuat gambar harus padat, jelas dengan garis yang tegas tidak boleh ragu-ragu! 
 5. Hindari “efek gigi gergaji” dan garis monoton. Variasikan gumpalan rambut, panjang garis dalam pakaian, lipatan kulit, dll. sehingga gambar dapat tampak lebih nyata dan lebih alami. 
6. Fokus yang Tepat – Luangkan waktu untuk detail pada daerah yang memerlukan fokus (yaitu: Wajah –> Mulut, Hidung atau Mata khususnya, atau tangan jika karakter terlibat dalam beberapa adegan atau gerakan yang melibatkannya). 
7. Tahu di mana harus menempatkan adegan (efisiensi adegan) – Kita dapat mempercepat animasi (pada bagian-bagian dari sebuah karakter) untuk adegan atau aksi yang memang cepat dan layak atau wajar dibuat cepat (contoh: lari), tetapi juga harus meluangkan waktu lebih banyak pada adegan yang lambat atau biasa (contoh: berjalan). 
8. Perspektif – Dalam animasi bidang datar, perspektif adalah cara melukiskan suatu benda pada permukaan yang mendatar sebagaimana yang terlihat oleh mata dengan tiga dimensi. Dengan demikian, sebuah gambar akan terlihat realistis. Menggunakan garis tumpang tindih di tempat yang tepat dapat menciptakan perspektif yang tepat. Jangan merasa dibatasi oleh keadaan datar oleh dua dimensi pada kertas. Kita dapat menggunakan bantuan visualisasi ruang tiga dimensi dengan mencoba cara menggambar animasi sebuah kotak untuk latihan membuat karakter. 
9. Action Line – Ini terutama berguna dalam animasi kasar dan pembersihan kunci animasi (Clean Up). Ketika kita membuat atau menggambar karakter seekor hewan, maka kita harus dapat menentukan gambar yang ada di sekitarnya atau yang ada karakter tersebut. 

Comments

Popular posts from this blog

Chord Gitar & Lirik Lagu Hendy Restu-Neng

Chord Gitar & Lirik Lagu Hendy Restu-Neng CAPO:2 [Intro] Am F G E 2X Dm E Am (*) Am Dm Mimiti tepang langsung nyantel na ingetan E Am Panceg yakin dina ati, nu geulis jodona diri Am Dm Sare teu tibra dahar ge henteu mirasa E Am Rumasa kagoda ku simanehna Dm Ti peuting ka impi impi Am Bray beurang ka bayang bayang Dm G Am Emut wae ka neneng ,pujaan hate... (**) Am Dm Pateupang deui di pengkolan nu kamari E Am Ku aneh jeung asa gimpi manehna jol ngajak seuri Am Dm Ku bolohona, kuring teu wasa nyarita E Am Kawani ge sirna teu walakaya Dm Meur...

Curug panganten

Tuh diditu dilebah pudunan pisan Kuring kungsi pada pada kedal lisan Nendeun asih arek silih pikaheman Nya didinya ligar na cinta munggaran.. Nya didinya dicurug panganten Aya asih aya jangji anu paten Rerendengan lir anu anyar panganten Kanyataan ieu mah lain impian.. Curug panganten Curug panganten Dicurug panganten Aya jangji anu paten

Rumasa

Najan melah gunung Najan ngapak mega Sagara pasti di sorang.. Rumasa hate tibelat Teu bisa dipapalerkeun Tong boro saminggu Tong waka sabulan Sataun reuk di dagoan.. Da bongan hate ka pelet Nu geulis pujaan hate.. Naha atuh ukur ngasawangan Anjeun datang mere harepan Na iraha atuh bakal laksana Mengkeut tali asih nu sajati..